Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran POE terhadap pemahaman konsep fisika siswa di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design dengan the matching only post-test control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Rambang Dangku. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 62 siswa yang diambil dengan teknik sampling purposive. Pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk data pemahaman konsep. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa hasil belajar pada kelas eksperimen  sedangkan pada kelas kontrol . Uji hipotesis menggunakan uji statistik uji-t (uji pihak kanan), dari perhitungan didapat thitung > ttabel yaitu 2,63 > 1,67 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran POE berbantuan alat peraga terhadap pemahaman konsep fisika siswa di SMA.
Copyrights © 2022