Penelitian ini bertujuan untuk mengkasi; proses dan hasil penerapan “ Cycleconcep maping”, dalam menulis wacana argumentasi. Jenis penelitian ini adalahpenelitian tindakan kelas (classroom action resarch) dan lokasi penelitian SMKNegeri 2 Jeneponto. Fokus penelitian ini adalah aktivitas guru dan siswa, dalamproses menulis wacana argumentasi melalui “Cycle concep maping”. Sumberdara dalam penelitian ini guru bahasa Indonesia dan siswa SMK Negeri 2Jeneponto kelas XI TKJ. Data penelitian berupa data pelaksanaan dan hasil.Insrumen penelitian soal uraian. Teknik pengumpulan data hasil obsevasi dan tes.Dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitiansiklus I dan siklus II menunjukkan penerapan “ Cycle concep maping”, dalammenulis wacana argumentasi siswa SMK Negeri 2 Jeneponto pengalamipeningkatan. Aktivitas guru dan siswa pada siklus satu berada pada kategorikurang. Sedangkan hasil penilaian pada siklus II dalam menulis wacanaargumentasi melalui “Cycle concep maping” pada siswa SMK Negeri 2Jeneponto kelas XI TKJ mengalami peningkatan yang signifikan. Karena hasilmenulis siswa pada siklus I diperoleh dengan jumlah rata-rata 63.62%, beradapada kategori kurang. Nilai tertinggi 92 dan nilai terendah 42. Pada siklus II hasilmenulis berada pada kategori baik dengan jumlah rata-rata 89.69% dengan nilaitertinggi 100 dan nilai terendah 64. Dengan demikian penerapan “ Cycle concepmaping”, dapat meningkatkan proses dan hasil belajar menulis wacanaargumentasi siswa SMK Negeri 2 Jeneponto.
Copyrights © 2020