Syari'ah Economics
Vol 2 No 1 (2018): Islamic Economic Studies

PENGARUH PRODUK, PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP PREFERENSI NASABAH ATAS PRODUK SIMPANAN WADI’AH DI BMT ALRAHMAH CIAMIS

Diyah Wikan Rahmatika (Institut Agama Islam Darussalam (IAID), Ciamis, Jawa Barat)
Maya Purnamasari (Institut Agama Islam Darussalam (IAID), Ciamis, Jawa Barat)
Lis Rohmayatin Barokah (Institut Agama Islam Darussalam (IAID), Ciamis, Jawa Barat)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi persaingan di dunia bisnis khususnya di lembaga keuangan dari waktu ke waktu yang semakin ketat, sehingga perusahaan harus membuat strategi pemasaran baru untuk mempertahankan dan meraih pangsa pasar yang lebih tinggi. Dari hal tersebut upaya pengembangan kualitas layanan harus dilakukan dan berorientasi pada pasar atau masyarakat sebagai pengguna jasa, beberapa diantaranya dilihat dari produk, pelayanan, dan lokasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, pelayanan, dan lokasi terhadap preferensi nasabah atas produk simpanan wadi’ah di BMT Alrahmah Ciamis dan faktor yang mendominasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif korelasional. Data penelitian ini diperoleh dari 35 responden nasabah BMT Alrahmah Ciamis dengan menyebar kuesiner. Teknik analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana, regersi linier berganda, uji hipotesis melalui uji T dan Uji F, dan koefisien determinasi (R2). Dari hasil analisis data dengan menggunakan uji analisis regresi linier berganda di dapat hasil persamaan Y = 0,794 + (-0,085) X1+ 0,131 X2 + 0,538 X3 bahwa produk, pelayanan, dan lokasi searah dengan preferensi nasabah. Nilai R square merupakan nilai penentu yang dapat menjelaskan pengaruh yang terjadi pada variabel preferensi nasabah yang disebabakan oleh variabel produk, pelayanan, dan lokasi sebesar 71,1%. Sedangkan sisanya 35,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Dari uji statistik yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa produk secara parsial berpengaruh terhadap preferensi nasabah sebesar 0,115, pelayanan secara parsial berpengaruh terhadap pereferensi nasabah sebesar 0,381, lokasi secara parsial berpengaruh terhadap pereferensi nasabah sebesar 0,647, dari hasil tersebut apabila produk, pelayanan dan lokasi meningkat maka akan meningkatkan preferensi nasabah. Adapun variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap preferensi nasabah atas produk simpanan wadi’ah di BMT Alrahmah Ciamis adalah variabel lokasi, karena mempunyai nilai koefisien determinasi parsialnya paling besar yaitu sebesar 64,7% dibandingkan variabel lainnya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

SE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Syariah Economics (e-ISSN 2807-8942) is a scientific journal published by the Faculty of Islamic Economics and Business, Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis, West Java, INDONESIA. Journal of Syariah Economics is an online journal to disseminate field research and conceptual ideas in the ...