JCP (Jurnal Cahaya Pendidikan) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 7, No 2 (2021): JCP (Jurnal Cahaya Pendidikan) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar ditinjau dari Gender di kelas VIII SMP IT El Yasin Batam

Risma Cahya Putri (Universitas Riau Kepulauan)
Asmaul Husna (Universitas Riau Kepulauan)
Fitrah Amelia (Universitas Riau Kepulauan)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita aljabar. Adapun indikator kemampuan panalaran matematis yang diukur meliputi menyajikan penyataan matematika secara tertulis (I1), mangajukan dugaan (I2), melakukan manipulasi matematika (I3), dan menarik kesimpulan (I4). Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP IT El-Yasin Batam yang berjumlah 30 siswa terdiri dari 15 siswa putra dan 15 siswa putri. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis dengan prosedur munurut Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis, terdapat 60% siswa putra dan 73,33% siswa putri yang memiliki kemampuan penalaran matematis tinggi. Terdapat 26,66% siswa putra dan 6,66% siswa putri yang memiliki kemampuan penalaran matematis sedang. Terdapat 13,33% untuk siswa putra dan 20% untuk siswa putri yang memiliki kemampuan penalaran matematis rendah. Kemampuan penalaran matematis siswa putri lebih baik dari siswa putra, masing-masing dengan siswa putra mendapatkan 6,22 dan siswa putri mendapatkan 8,22.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

journalcahayapendidikan

Publisher

Subject

Arts Education Environmental Science Mathematics Other

Description

Jurnal Cahaya Pendidikan (JCP) adalah media publikasi ilmiah di bidang ilmu pendidikan dan manajemen pendidikan secara umum. JCP bertujuan untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian terkini atau inovasi baru di bidang pendidikan, dan memberikan kontribusi terhadap pengembangan ilmu pendidikan. ...