Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi dan Kependidikan (Biotik)
Vol 4, No 1 (2016): PROSIDING SEMINAR NASIONAL BIOTIK IV 2016

JENIS MIKORIZA DI KAWASAN RINON PULO BREUH ACEH BESAR

Lia Ulfa (Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Nidawati Nidawati (Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Acehin)
Susi Darmayanti (Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Muslich Hidayat (Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2018

Abstract

Penelitian jenis Mikoriza Di Kawasan Rinon Pulo Breuh Aceh Besar yang dilaksanakan pada 24 Mei 2015, dengan menggunakan metode Purposive Sampling yang bertujuan untuk pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah jenis tanah yang terdapat mikoriza. Mikoriza merupakan jamur yang hidup secara bersimbiosis dengan sistem perakaran tanaman tinggkat tinggi. Mikoriza merupakan jenis mikroba tanah yang mempunyai kontribusi penting dalam kesuburan tanah dengan jalan meningkatkan kemampuan tanaman dalam penyerapan unsur hara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis spora mikoriza tanah. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa spora yang didapatkan yaitu 9 berwarna hitam, 20 berwarna kuning, 16 berwarna coklat, dan 42 berwarna bening, dan 18 berwarna orange. Berdasarkan jumlah jenis spora di atas, maka total semua jenis mikoriza didapatkan yaitu 105 spora

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

PBiotik

Publisher

Subject

Dentistry Earth & Planetary Sciences Education Energy Environmental Science Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Neuroscience Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan is an open access and peer reviewed journal. It publishes scientific articles in the field of biology education and technology. Furthermore, this journal bridges the gap between research and practice, providing information, ideas and insights, ...