Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi dan Kependidikan (Biotik)
Vol 8, No 1 (2020): PROSIDING SEMINAR NASIONAL BIOTIK VIII 2020

SEBARAN NYAMUK Aedes DI KAMPUS UIN AR-RANIRY BANDA ACEH PADA MASA PANDEMI COVID-19

Elsie Nurlidza Razma (Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)
Rizha Purwanda (Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)
Elita Agustina (Jurusan Biologi F MIPA Universitas Brawijaya – Malang)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2022

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19 aktivitas belajar dan bekerja dilakukan di rumah. Kondisi ini menyebabkan gedung-gedung sekolah atau kampus tempat aktivitas belajar dan bekerja menjadi kosong dan sepi. Keadaan lingkungan kampus yang sepi dari aktivitas manusia diduga berpengaruh terhadap populasi dan sebaran nyamuk Aedes. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sebaran nyamuk Aedes di kampus UIN Ar-Raniry pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode eksplorasi dan penetapan sampel secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 24 titik sebaran nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus pada gedung-gedung yang terdapat di kampus UIN Ar-Raniry. Sebaran nyamuk Ae albopictus ditemukan sebanyak 22 titik sedangkan nyamuk Ae. aegypti hanya ditemukan 2 titik sebaran. Pada masa pandemi Covid-19 masih ditemukannya sebaran nyamuk Ae. aegypti dan Ae. albopictus di kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PBiotik

Publisher

Subject

Dentistry Earth & Planetary Sciences Education Energy Environmental Science Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Neuroscience Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan is an open access and peer reviewed journal. It publishes scientific articles in the field of biology education and technology. Furthermore, this journal bridges the gap between research and practice, providing information, ideas and insights, ...