EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 4 No. 2 (2020): EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar

Problematika Pembelajaran Tematik Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusi

Ina Agustin (Universitas PGRI Ronggolawe Tuban)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran tematik pada anak berkebutuhan khusus di SD Inklusi, berbagai problematika dan upaya dalam menyelesaikannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, satu guru pembimbing khusus (GPK), satu guru kelas, dan satu anak tuna rungu di SDN Pucangan 2 Kecamatan Montong Kabupaten Tuban. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini memaparkan tentang pelaksanaan pembelajaran tematik, yaitu guru memberikan bimbingan khusus dengan menggunakan bahasa isyarat dan gerak bibir jelas dalam berkomunikasi, mengembangkan perangkat pembelajaran, menggunakan metode, media pembelajaran dan sarana prasarana sesuai kebutuhan siswa. Problematika dalam pelaksanaan pembelajaran tematik meliputi minimnya pengetahuan guru dalam memahamibahasa isyarat lokal siswa, dan kesulitan dalam mengembangkan PPI serta keterbatasan dalam media dan sarana prasarana. Upaya guru dan pihak sekolah dalam mengatasi problematika dengan mengikuti KKG dan pelatihan-pelatihan yang diadakan pemerintah berkaitan dengan pendidikan inklusi serta mengajukan bantuan kepad pemerintah untuk pengadaan media dan sarana prasarana penunjang untuk peningkatan proses pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpd

Publisher

Subject

Other

Description

EduSTREAM merupakan jurnal berfokus pada perkembangan pendidikan sekolah dasar. Bahan kajian dalam jurnal EduSTREAM terdiri dari ilmu pengetahuan alam, teknologi, religi, etnopedagogi, seni, dan matematika. Jurnal yang diterbitkan merupakan hasil dari ...