Renjana Pendidikan Dasar
Vol 2 No 1 (2022): Edisi Februari 2022

STRATEGI MENUMBUHKAN BUDAYA MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR

Dea Zahrani Su'adah (Unknown)
Siti Istiningsih (PGSD, FKIP, Universitas Mataram)
Nurwahidah Nurwahidah (PGSD, FKIP, Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2022

Abstract

Abstrak. Artikel ini bertujuan untuk memaparkan upaya yang bisa ditempuh guru untuk meningkatkan budaya membaca siswa. Hal ini perlu dilakukan agar sejak dini siswa terbiasa membaca. Dalam menumbuhkan budaya membaca siswa sekolah harus mempunyai berbagai strategi agar tujuan yang ingin dicapai berhasil. Yang dimaksud dengan budaya membaca adalah suatu kebiasaan yang didalamnya terjadi proses berfikir yang kompleks, yang terdiri dari sejumlah kegiatan seperti keterampilan menangkap atau memahami kata-kata atau kalimat yang tertulis, menginterpreatsikan, dan merefleksikan. Dalam kegiatan membaca juga perlu memiliki kondisi fisik yang baik sehingga konsentrasi tercurahkan sepenuhnya kepada teks atau tulisan yang dibaca. Artikel ini merupakan kajian beberapa pustaka yang sudah dipublikasikan sebelumnya. Abstrak. Artikel ini bertujuan untuk memaparkan upaya yang bisa ditempuh guru untuk meningkatkan budaya membaca siswa. Hal ini perlu dilakukan agar sejak dini siswa terbiasa membaca. Dalam menumbuhkan budaya membaca siswa sekolah harus mempunyai berbagai strategi agar tujuan yang ingin dicapai berhasil. Yang dimaksud dengan budaya membaca adalah suatu kebiasaan yang didalamnya terjadi proses berfikir yang kompleks, yang terdiri dari sejumlah kegiatan seperti keterampilan menangkap atau memahami kata-kata atau kalimat yang tertulis, menginterpreatsikan, dan merefleksikan. Dalam kegiatan membaca juga perlu memiliki kondisi fisik yang baik sehingga konsentrasi tercurahkan sepenuhnya kepada teks atau tulisan yang dibaca. Artikel ini merupakan kajian beberapa pustaka yang sudah dipublikasikan sebelumnya. Kata Kunci : budaya membaca, siswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

renjana

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Renjana Pendidikan Dasar merupakan wadah publikasi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup model pembelajaran pendidikan dasar, evaluasi pembelajaran pada pendidikan dasar, strategi pembelajaran, media ...