Azzahra : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 3 No 1 (2021): 2021

STUDI TENTANG PELAKSANAAN PEMBERIAN REWARD DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI RA ASH-SHIDIQI RAJABASA BARU

sitikhomsiyati (STAI DARUSSALAM LAMPUNG)
Ismatul Fadhilah (STAI DARUSSALAM LAMPUNG)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2021

Abstract

Abstrak Dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan nasional, maka salah satu komponen pembelajaran adalah peserta didik sebagai sasaran pembelajaran sehingga setiap peserta didik yang ingin sukses dalam belajarnya mutlak memiliki motivasi untuk belajar. Jadi merupakan tugas guru merancang bagaimana menciptakan kondisi atau suatu proses untuk dapat mendorong dan mengarahkan para anak usia dini agar pada dirinya tumbuh motivasi. Rangsangan untuk meningkatkan motivasi belajar ini salah satunya adalah dengan memberikan reinforcement berupa pemberian reward. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pemberian reward dalam meningkatkan motivasi belajar anak di RA Ash-Shidiqi Rajabasa Baru. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan pendekatam deskriptif. Alat pengumpul data yang dipakai adalah wawancara yang ditujukan pada guru kelas dan kepala sekolah, observasi yang di tujukan pada anak kelompok-A serta guru kelas dan dokumentasi sebagai pelengkap data. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas, kepala sekolah dan anak kelompok-A. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa reward yang diberikan terdiri dari reward verbal dan non verbal yang bervariatif. Hambatan yang dihadapi guru kelas yaitu hadiah yang diberikan menggunakan dana pribadi, dapat menimbulkan kecemburuan antar anak dan dapat menimbulkan sikap pamrih. Reward ini terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar anak kelompok-A di RA Ash-Shidiqi Rajabasa Baru.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

azzahra

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini memiliki fokus & scope sebagai berikut: Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Hubungan anak dengan keluarga dan masyarakat Observasi perkembangan dan asesmen Lingkungan dan kurikulum Kesehatan, keselamatan, dan nutrisi Profesionalisme dan kepemimpinan ...