BIOMA : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya
Vol 3 No 1 (2021): BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya

PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING

tri maniarta sari (Unknown)
Ernawati (Universitas Sembilanbelas November Kolaka)
Ardianto (Universitas Muhammadiyah Bulukumba)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penerapan model pembelajaran Role Playing dengan tujuan untuk melihat peningkatan keterampilan hasil belajar kognitif mahasiswa yang telah dibelajarkan. Penelitian ini dilakukan di Universitas Sembilanbelas November Kolaka. Subjek dari penelitian ini yaitu mahasiswa angkatan 2018 kelas A yang menempuh matakuliah Biokimia dengan jumlah mahasiswa sebanyak 32 orang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Data hasil belajar kognitif diperoleh dari hasil tes essay yang didukung hasil observasi, dan pengerjaan LKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Role Playing mampu meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bioma

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology

Description

BIOMA : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya diterbitkan oleh  Universitas Sulawesi Barat. Terbit dua kali dalam setahun (Juni dan Desember) dengan tujuan sebagai media komunikasi ilmiah bidang Biologi dan pembelajarannya yang diangkat dari hasil penelitian atau studi literature. Redaksi menerima ...