JPIn : Jurnal Pendidik Indonesia
Vol 4, No 2: Oktober 2021

Upaya Meningkatkan Keberanian Berpendapat Melalui Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS)

Anita Rahmawati (STKIP BIMA)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2021

Abstract

Penelitian dilakukan di Semester II Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima pada tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian dua siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian sebanyak 31 mahasiswa. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan data hasil observasi selama pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa persentase ketuntasan keberanian berpendapat mahasiswa kelas A pada matakuliah filsafat IPA telah mencapai target yang ditentukan. Pada siklus I rata-rata persentase ketuntasan keberanian berpendapat mahasiswa yang meliputi mengajukan pertanyaan, memberikan jawaban, dan mengungkapkan pendapat hanya mencapai mencapai 59,2%. Pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata persentase ketuntasan mencapai 79,3%. Sehingga pada siklus II, tindakan dihentikan karena sudah melewati kriteria ketuntasan. Penelitian yang diperoleh pada Model Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS) ternyata dapat meningkatkan keberanian berpendapat mahasiswa dalam pembelajaran Filsafat IPA mahasiswa kelas A Program Studi Pendidikan Biologi Semester II Tahun Ajaran 2020/2021.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPIn

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) mempublikasikan artikel kajian teori atau penelitian terkait dengan Pendidikan. JPIn menerima publikasi dari guru-guru (PAUD, SD, SMP, SMA), Dosen, serta dari pemerhati dan peneliti ...