Berajah Journal
Vol. 1 No. 3 (2021): November

ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI KUTABUMI 1 KABUPATEN TANGERANG

Khoirunisa Andini Putri (Universitas Muhammadiyah Tangerang, Kota Tangerang)
Enawar Enawar (Universitas Muhammadiyah Tangerang, Kota Tangerang)
Dilla Fadhillah (Universitas Muhammadiyah Tangerang, Kota Tangerang)
Sumiyani Sumiyani (Universitas Muhammadiyah Tangerang, Kota Tangerang)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2021

Abstract

Keterampilan berbicara dapat dipraktikkan oleh semua orang. Berbicara yang terampil dapat menghipnotis pendengarnya hanya sebagian orang mampu melakukan itu. Keterampilan mereproduksi arus sistem bunyi artikulasi untuk menyampaikan kehendak, kebutuhan perasaan, dan keinginan kepada orang lain. Kelengkapan alat ucap seseorang merupakan persyaratan alamiah mengatakan bahwa keterampilan berbicara terasa sangat dibutuhkan oleh manusia sebagai makhluk sosial yang membutuhkan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi rendahnya keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia melalui cerita berdasarkan gambar siswa kelas V SD Negeri Kutabumi 1 Kabupaten Tangerang, (2) mendeskripsikan keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia melalui cerita berdasarkan gambar kelas V di SD Negeri Kutabumi 1 Kabupaten Tangerang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek 22 siswa pada kelas V dan guru kelas V. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah Tes, Wawancara Guru kelas V, Observasi Guru kelas V, Observasi Siswa kelas V, dokumentasi dan Analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Simpulan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) faktor yang mempengaruhi rendahnya keterampilan berbicara terdiri dari dua faktor, faktor kebahasaan dan faktor non kebahasaan. Faktor kebahasaan terdiri dari : ketepatan ucapan, penempatan tekanan, nada dan durasi yang sesuai, pilihan kata (Diksi), ketepatan sasaran pembicaraan. Sedangkan faktor nonkebahasaan terdiri sikap pembicara, pandangan mata, keterbukaan, gerak-gerik dan mimik yang tepat, kenyaringan suara, kelancaran, penguasaan topik, 2) keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri Kutabumi 1 Kabupaten Tangerang menunjukkan bahwa data presentase hasil observasi adalah 40%. Dilihat pada 6 aspek yaitu: kesesuaian dengan gambar, ketepatan logika urutan cerita, ketepatan makna keseluruhan cerita, ketepatan kata, ketepatan kalimat, dan kelancaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

go

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

BERAJAH JOURNAL menerbitkan artikel tentang pendidikan dan pembelajaran secara umum. Berisi artikel /hasil penelitian yang ditulis oleh para ahli, ilmuwan, praktisi, dan reviewer di bidang pendidikan dan pembelajaran. Beberapa cakupan Berajah Journal meliputi: Teori dan landasan pendidikan dan ...