Berajah Journal
Vol. 2 No. 1 (2022): February

ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Siti Kurniani Ningsih (Universitas Muhammadiyah Tangerang, Kota Tangerang)
Aam Amaliyah (Universitas Muhammadiyah Tangerang, Kota Tangerang)
Candra Puspita Rini (Universitas Muhammadiyah Tangerang, Kota Tangerang)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2021

Abstract

Kesulitan belajar matematika menjadi hambatan masalah dalam kehidupan sehari-hari sehingga perlu dikuasi dengan baik, namun Sebagian besar siswa mengganggap matematika adalah pelajaran yang sulit, khususnya siswa kelas II SDN Cirewed, persepsi bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit diperkuat dengan hasil belajar matematika yang masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar matematika dan faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Data dianalisis melalui langkah-langkah pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Responden pada penelitian ini berjumlah 11 orang yakni guru kelas II, dan 10 siswa kelas II SDN Cirewed. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kesulitan belajar matematika siswa masih rendah dengan begini Guru harus lebih berkreatif dalam memilih metode pembelajarannya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

go

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

BERAJAH JOURNAL menerbitkan artikel tentang pendidikan dan pembelajaran secara umum. Berisi artikel /hasil penelitian yang ditulis oleh para ahli, ilmuwan, praktisi, dan reviewer di bidang pendidikan dan pembelajaran. Beberapa cakupan Berajah Journal meliputi: Teori dan landasan pendidikan dan ...