Infinity Jurnal Matematika dan Aplikasinya (IJMA)
Vol. 2 No. 2 (2022): Terbitan Keempat-2022

PROFIL BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI TINJAU DARI GAYA KOGNITIF VISUALIZER- VERBALIZER

Andi Hastika Zulqifli (Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar)
Alimuddin Alimuddin (Universitas Negeri Makassar)
Ilhamuddin Ilhamuddin (Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir tingkat tinggi siswa SMP dalam pemecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif visualizer – verbalizer. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. prosedur penelitian ini meliputi persiapan, pelaksanaan dan tahap analisis hasil penelitian. Penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 di SMP Negeri 2 Larompong Sebanyak 4 orang siswa yang memeiliki gaya kognitif visualizer dan verbalizer yang masing – masing terdiri dari 2 siswa yang memiliki gaya kognitif visualizer dan 2 siswa yang memiliki gaya kognitif verbalizer. Penelitian ini mengacu pada indikator berpikir tingkat tinggi yang terdiri tiga tahap yaitu: menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket gaya kognitif visualizer-verbalizer, tes pemecahan masalah matematika, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan profil berpikir tingkat tinggi siswa dalam pemecahn masalah berdasarkan indikator berpikir tingkat tinggi oleh ke 4 subjek. Jika dilihat dari proses menyelesaikan masalah matematika subjek V1 mampu menyelesaikan soal visualizer dengan tahap menganalisis dan mengevaluasi dibanding dengan soal verbalizer, V1 tidak mampu memenuhi indikator berpikir tingkat tinggi dan V1 tidak mampu memenuhi indikator ketiga yaitu mencipta. Subjek V2 tidak mampu menyelesaikan pemecahan masalah baik soal visualizer maupun soal verbalizer baik tahap menganalisis maupun mengevaluasi. Subjek V3 mampu menyelesaikan pemecahan masalah matematika dengan tahap menganalisis, mengevaluasi, tapi tidak mampu menyelesaikan tahap mencipta. Subjek V4 tidak mampu menyelesaikan pemecahan masalah baik soal visualizermaupun soal verbalizer.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijma

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Infinity Jurnal Matematika dan Aplikasinya (IJMA) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Departemen Matematika Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) sejak Agustus 2020. Publikasi jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan hasil-hasil penelitian dan teori-teori baru yang telah dicapai di ...