MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi dan Kolaborasi
Vol. 2 No. 2: Oktober 2021

Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Program Linear Berdasarkan Prosedur Newman

Lefia N. Kalengkongan (Universitas Negeri Manado)
Vivian E. Regar (Universitas Negeri Manado)
Navel O. Mangelep (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menemukan kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan Program Linear berdasarkan prosedur Newman. Dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif merupakan jenis dari penelitian ini. Siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Tompaso menjadi subjek dalam penelitian ini yang menggunakan instrumen tes beserta wawancara. Teknik pengumpulan data yaitu melalui tes berupa soal uraian pokok bahasan program linear, yang kemudian diidentifikasi kesalahan-kesalahan pada jawaban subjek, yang selanjutnya dilakukan wawancara dengan tujuan agar mengetahui fakta dan penyebab kesalahan yang dilakukan oleh subjek penelitian. Kemudian dihitung persentase kesalahannya diantaranya 0% kesalahan membaca (reading) dengan presentase kesalahan terkecil, 35,56% kesalahan memahami (comprehension), 48,89% kesalahan transformasi (transfomaton), 66,67% kesalahan pada keterampilan proses (Process Skill) dan dengan persentase kesalahan paling besar 68,89% pada tahap kesalahan jawaban akhir (Encoding).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

marisekola

Publisher

Subject

Mathematics

Description

1) Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2) Desain Pembelajaran Matematika, 3) Penerapan Model/Pendekatan/Metode/Strategi Pembelajaran Matematika, 4). Media Pembelajaran Matematika, 5) Evaluasi Pembelajaran Matematika, 6) Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika, 7) Kreativitas dan ...