Jambura Economic Education Journal
Vol 4, No 1 (2022): JANUARY 2022

LITERASI EKONOMI, RASIONALITAS EKONOMI, DAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF

Remond Joey Paywala (Unknown)
Sunaryanto Sunaryanto (Unknown)
Sugeng Hadi Utomo (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2022

Abstract

Perilaku konsumtif merupakan perilaku individu memanfaatkan sumber daya yang ia miliki untuk memaksimalkan nilai guna atau utility terhadap suatu barang ataupun jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengaruh dari variabel-variabel literasi ekonomi, rasionalitas ekonomi dan kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pendidikan ekonomi universitas negeri malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan jumlah responden 163 yang ditentukan dengan metode simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel literasi ekonomi, rasionalitas ekonomi, kelompok teman sebaya berpengaruh terhadap perilaku konsumtif. Berdasarkan koefisien determinasi, variabel literasi ekonomi, rasionalitas ekonomi, dan kelompok teman sebaya memberikan kontribusi sebesar 28,70% terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pendidikan ekonomi universitas negeri malang. Berdasarkan hasil penelitian ini, kepada mahasiswa selaku subjek penelitian ini agar selalu meningkatkan kemampuannya dalam berperilaku secara ekonomis juga secara teoritis menjadi referensi untuk penelitian-penelitian selanjutnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jej

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

The Jambura Economic Education Journal (JEEJ) aims to help researchers, students and lecturers publish their works for public audiences and find new connections. The Jambura Economic Education Journal (JEEJ) considers original research articles and reviews articles in the field of research on ...