Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan perannya dalam penanaman karakter siswa di SDN 26 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang akan menggambarkan keadaan. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang pembina pramuka, 3 orang wali kelas dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif dari Miles, Huberman dan Saldana dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang meliputi marching, rigging dan semaphore dapat berperan dalam menanamkan karakter siswa. Karakter peserta didik yang ditanamkan dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka adalah disiplin, tanggung jawab, teliti, tanggap & teliti serta berani & setia. Penanaman karakter siswa ditanamkan melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka dengan menggunakan metode pengajaran, penugasan spontan, kerjasama, demonstrasi, hukuman, kerja lapangan. Karakter yang ditumbuhkan melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari siswa dan kegiatan belajar mengajar di kelas. demonstrasi, hukuman, kerja lapangan. Karakter yang ditumbuhkan melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari siswa dan kegiatan belajar mengajar di kelas. demonstrasi, hukuman, kerja lapangan. Karakter yang ditumbuhkan melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari siswa dan kegiatan belajar mengajar di kelas.
Copyrights © 2022