Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)

Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di SDN 23 Ampenan

Dewi Purnama sari (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidika FKIP Universitas Mataram)
Heri Hadi Saputra (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidika FKIP Universitas Mataram)
Lalu Hamdian Affandi (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidika FKIP Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1). Bentuk kolaborasi guru dan orang tua dalam mengatasi kesulitan belajar siswa (2). Bagaimana guru merespon aspirasi orang tua terkait pembelajaran siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan grounded theory yang menekankan penemuan teori dari data observasi emperik dilapangan. Subjek penelitian ini addalah kepala sekolah, guru dan orang tua siswa SDN 23 Ampenan. Prosedur pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah : (1). Bentuk kolaborasi guru dan orang tua dalam mengatasi kesulitan belajar siswa adalah komunikasi, yaitu komunikasi formal dan komunikasi non formal, rapat dan keterlibatan orang tua pada pembelajaran anak di rumah. (2). Bagaimana guru merespon aspirasi orang tua terkait pembelajaran siswa, Guru sangat berterimakasih apa lagi mengajar anak-anak itu bukan cuman tergantung dari gurunya jadi memang harus betul-betul ada aspirasi dari orang tua.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...