Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)

Peran BUMDes Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dibidang Pendidikan Dasar (Studi pada Badan Usaha Milik Desa di Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima)

Mariamah Mariamah (STKIP Taman Siswa Bima)
I Nengah Suastika (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2022

Abstract

BUMDes dibentuk tidak hanya berperan dalam usaha perekonomian melainkan juga berusaha dalam bidang pendidikan sebagai upaya dalam pemenuhan kebutuhan dan kesejahteraan Masyarakat desa.  Usaha milik desa yang bergerak dalam bidang pendidikan tidak kalah pentingnya seperti usaha-usaha bidang lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran BUMDes dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dibidang pendidikan dasar dan untuk mengetahui Bidang usaha lain apa saja yang dijalankan BUMDes yang ada di kecamatan Palibelo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrument yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa instrument wawancara. Analisis data dimulai dari data reduction,  data display dan  clonclusion drawing verivikacation. Data juga dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa usaha yang dijalankan kebanyakan usaha dibidang bisnis keuangan (koperasi) dengan persentase 77%, lalu yang ke dua dengan persentase sebesar 15% dibidang usaha perdagangan. Yang ke tiga adalah bidang pertanian dan peternakan dengan persentase 8%. Untuk usaha dalam bidang pendidikan dengan persentase 0%. Dapat disimpulkan bahwa BUMDes tidak memiliki peran dalam bidang pendidikan termasuk pada pendidikan dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...