IJIS Edu : INDONESIAN JOURNAL OF INTEGRATED SCIENCE EDUCATION
Vol 4, No 1 (2022): January 2022

Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Learning Berbasis Lesson Study for Learning Community pada Materi Kesetimbangan Kimia terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Padang

Chesa Defista (Universitas Negeri Padang)
Andromeda Andromeda (Universitas Negeri Padang)
Eka Sovia (SMAN 1 Padang)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang tepat agar siswa aktif dalam pembelajaran dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, model pembelajaran yang bisa digunakan adalah guided inquiry learning. Untuk memaksimalkan pelaksanaan guided inquiry learning diterapkan suatu sistem pembelajaran yaitu lesson study for learning community. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided inquiry learning berbasis lesson study for learning community pada materi kesetimbangan kimia terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Padang. Penelitian yang dilakukan termasuk quasi experiment research menggunakan one group pretest-posttest design. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji Mann Whitney diperoleh nilai asymp. sig (< 0.001) < 0,05. Maka hipotesis penelitian diterima bahwa model pembelajaran guided inquiry learning berbasis lesson study for learning community pada materi kesetimbangan kimia mempengaruhi hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijisedu

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science

Description

IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education is a medium of communication used by researchers, lecturers, teachers, practitioners, and University student for submitting result of studies and prioritized result of the study and review of the literature in the sphere of natural ...