Jurnal Visi Komunikasi
Vol 13, No 1 (2014): May 2014

BENTUK BUDAYA POPULER DAN KONSTRUKSI PERILAKU KONSUMEN STUDI TERHADAP REMAJA

Melly Ridaryanthi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2017

Abstract

Abstrak, Produk budaya Korea seperti musik dam drama televisi telah dikenal luas dimasyarakat sejak tahun 1990an. Korea saat ini dipandang sebagai pengekspor produk budayapopuler yang saat ini banyak penggemarnya. Budaya dan gaya hidup Korea (Hallyu atauKorean Wave) telah menjadi budaya populer yang menyebar ke berbagai negara termasukIndonesia. Jika melihat bagaimana budaya Korea menyebar di kehidupan masyarakat duniamemunculkan pertanyaan tentang kemungkinan Korean Wave membentuk minat danperilaku konsumsi baru pada mereka yang memiliki minat pada produk-produk korea.Apakah nilai budaya pada produk Korea yang ditransmisikan melalui iklan media massadapat membentuk perilaku konsumsi baru dalam bentuk (re)konstruksi preferensi pembelianproduk? Penelitian ini menggunakan metode Focus Group Discussion yang merupakan teknikperbincangan terhadap beberapa kelompok informan dalam jumlah kecil. Temuan lapanganmenunjukkan adanya minat dan preferensi yang tidak berjalan beriringan. Respondenumumnya menyukai barang-barang produk Korea, namun hal ini tidak berbanding lurusdengan preferensi pembelian mereka. Hal disebabkan karena faktor finansial yang tidaksepenuhnya mendukung.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

viskom

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Visi Komunikasi [p-ISSN: 1412-3037 | e-ISSN: 2581-2335] has been published since 2007 byFakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Jakarta, Indonesia. Jurnal Visi Komunikasi is a bi-annual journal issued on May and November. It consists of research-based articles and /or conceptual ...