Al - Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Vol 6, No 02 (2021): Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir

Aplikasi Metode Komparatif (Analisis Buku Tafsir Nusantara: Analisis Isu-Isu Gender Dalam Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab Dan Turjuman Al-Mustafid Karya Abd Al-Rauf Singkel)

Umar, Akbar (Unknown)
Abubakar, Achmad (Unknown)
Mahfudz, Muhsin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Artikel ini mencoba mengeksplorasi bagaimana aplikasi salah satu pola metode komparatif dalam buku Tafsir Nusantara karya Saifuddin dan Wardani. Pola tersebut ialah membandingkan penafsiran tokoh mufasir. Jenis penelitian ini adalah kajian pustaka. Adapun metode dan pendekatan yang digunakan ialah metode muqaran dan pendekatan tafsir. Tulisan ini berkesimpulan bahwa metode muqaran ialah metode yang meliputi perbandingan ayat dengan ayat yang beredaksi mirip, perbandingan ayat dengan hadis yang diduga bertentangan serta perbandingan pendapat tokoh mufasir. Unsur-unsur metode komparatif bergantung pada pola perbandingan yang akan digunakan. Perbandingan pendapat mufasir memiliki cakupan yang lebih luas bahkan meliputi pola-pola sebelumnya, namun tidak bersifat mutlak. Adapun metode yang diaplikasikan dalam buku tersebut memiliki perbedaan dan persamaan dengan metode muqaran. Berbeda dari sisi pengelompokan ayat dan pemetaan pendapat mufasir, sama dalam aspek analisis pola pikir mufasir.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

alt

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Quran dan Tafsir: is a peer review of a national journal published by the Tarbiyah Department of Al Hidayah Islamic High School in Bogor in an Islamic Education study program. This journal focuses on issues of Qur'anic science and ...