EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382

Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Yanti Riyanti (Universitas Sebelas Maret, Indonesia)
Wahyudi Wahyudi (Universitas Sebelas Maret, Indonesia)
Suhartono Suhartono (Universitas Sebelas Maret, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2021

Abstract

Kemandirian belajar merupakan salah satu faktor internal yang dapat memengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui adanya pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN se-Kecamatan Kebumen Tahun Ajaran 2020/2021 dan (2) mengukur besarnya sumbangan efektif kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN se-Kecamatan Kebumen Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1.400 siswa dengan jumlah sampel 318 siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Kebumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes, data dianalisis menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Kebumen sebesar 15,60% dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05, yang artinya semakin tinggi kemandirian belajar siswa, maka akan semakin tinggi pula hasil belajar matematika siswa, dan begitupun sebaliknya, (2) Sumbangan efektif variabel kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika yaitu sebesar 15,60% dan sisanya sebesar 84,40% dipengaruhi oleh faktor lain.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...