EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382

Pengaruh Manajemen Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar

Anita Turisia (Universitas Terbuka, Indonesia)
Suhartono Suhartono (Universitas Sebelas Maret, Indonesia)
Rais Hidayat (Universitas Pakuan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendapatkan gambaran tentang pengaruh manajemen kepala sekolah terhadap minat belajar siswa; (2) Mendapatkan gambaran tentang pengaruh kinerja guru terhadap minat belajar siswa; (3) Mendapatkan gambaran tentang pengaruh manajemen kepala sekolah dan kinerja guru terhadap minat belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VI, Guru kelas VI dan Kepala Sekolah berjumlah 705 dan sampel yang digunakan adalah 255 dengan teknik Proporsional Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket. Uji validitas dengan teknik analisis Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan AlphaCronbach. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas,linearitas, dan multikolinieritas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan: (1)terdapat pengaruh antara variabel manajemen kepala sekolah terhadap minat belajar dengan menunjukkan besarnya nilai probabilitas atau sig. (2-tiled) adalah 0,000 lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima; (2) terdapat pengaruh antara variabel kinerja guru terhadap minat belajar dengan menunjukkanbesarnya nilai probabilitas atau sig. (2-tiled) adalah 0,000 lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima; (3) terdapat pengaruh antara variabel manajemen kepala sekolah dan kinerja guru terhadap minat belajar dengan menunjukkan signifikansi tabel ANOVA 0,000 lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...