EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600

Analisis Tindak Tutur Direktif dalam Film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Teks Persuasi

Joty Islamiati (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Oding Supriadi (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Sinta Rosalina (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak ditemukannya peristiwa tindak tutur direktif yang terdapat dalam film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI). Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur direktif yang terdapat dalam film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI)” yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko, serta memanfaatkan hasil penelitian sebagai bahan ajar teks persuasi kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif kualitatif. Dalam analisis data penelitian ini menggunakan metode padan pragmatis yaitu metode untuk mengidentifikasi kebahasaan akibat reaksi yang timbul pada mitra tutur ketika kebahasaan tersebut dituturkan oleh penutur (Kesuma, 2007), dengan menganalisis tindak tutur direktif, menggolongkan setiap tuturan direktif berdasarkan bentuk dan fungsi direktifnya, dan mendeskripsikan konteks tuturannya. Hasil penelitian ini ditemukan 131 data tuturan yang mengandung tindak tutur direktif, lalu digolongkan berdasarkan bentuk direktifnya yaitu bentuk perintah berjumlah 45 data tuturan, bentuk permintaan berjumlah 37 data tuturan, bentuk ajakan berjumlah 15 data tuturan, bentuk nasihat berjumlah 18 data tuturan yang memiliki fungsi direktif seperti, bentuk kritikan berjumlah 10 data tuturan, bentuk larangan berjumlah 6 data tuturan. Kemudian dari hasil penelitian tersebut dimanfaatkan sebagai bahan ajar materi teks persuasi kelas VIII.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...