Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara interaksi sosial dan komunikasi interpersonal terhadap harga diri siswa. Penelitian ini dilakukan pada 100 responden menggunakan desain korelasional Ex Post Facto. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan kriteria siswa SMP di Kota Madiun. Pengambilan data menggunakan skala psikologis mengenai interaksi sosial, komunikasi interpersonal dan harga diri yang sudah valid dan reliabel. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus Korelasi Product Moment untuk membuktikan hipotesis korelasi interaksi sosial dengan komunikasi interpersonal terhadap harga diri. Sedangkan Analisa Regresi dua predictor untuk melihat pengaruh interaksi sosial dengan komunikasi interpersonal terhadap harga diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh pengaruh Interaksi Sosial (X1) dan Komunikasi Interpersonal (X2) secara simultan terhadap Harga Diri (Y) adalah 0,009 < 0,05 dan nilai F-Hitung 4,971 > F-Tabel 3,09 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Interaksi Sosial (X1) dan Komunikasi Interpersonal (X2) terhadap Harga Diri (Y).
Copyrights © 2022