Pembelajaran proses perancangan karya harus dipelajari secara praktek untuk menemukan pengembangan gagasan konseptual dan proses kreatif penciptaan karya visual. Salah satu faktor untuk mengoptimalkan dalam mempelajari materi proses kreatif adalah dengan pemanfaatan media pembelajaran. Jurnal pembelajaran adalah kumpulan catatan, pengamatan, pengalaman dan bahan lainnya yang relevan dan terkait selama periode waktu proses pembelajaran. Pembelajaran melalui jurnal dapat membangun pemahaman dan proses refleksi pengalaman dalam memahami proses desain. Penelitian ini merupakan penelitan pengembangan yang bertujuan merancang media pembelajaran berupa jurnal proses proses desain bagi mahasiswa Desain Komunikasi Visual. Penelitian mengunakan model ADDIE - Analyze (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (penerapan), dan Evaluation (penilaian). Jurnal pembelajaran dirancang dengan membagi kriteria berdasarkan karakteristik mata kuliah dan dibuat dalam bentuk lembar kerja. Jurnal pembelajaran membantu mahasiswa dalam membangun pengetahuan dengan lebih reflektif, memahami proses desain yang sedang dilakukan, mengidentifikasi, menseleksi, mengorganisasikan, atau membuat kesimpulan atas seluruh informasi yang dikelola dalam proses desain.
Copyrights © 2021