Majalah Ilmiah Bahari Jogja
Vol 20 No 1 (2022): Februari

E-Marketing Sebagai Bentuk Pemasaran Darurat Dalam Meningkatkan Minat Pendaftar Pada Masa Pandemi Covid-19

Vivid Dekanawati (Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta)
Siti Fatimah (Politeknik API Yogyakarta)
Cahya Purnomo (Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta)
Sahudiyono Sahudiyono (Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta)
Supartini Supartini (Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta)
Aisyah Atinahsyani (Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini berjudul “E-Marketing sebagai bentuk pemasaran darurat dalam meningkatkan minat pendaftar pada masa pandemi covid-19.” Penelitian ini dilakukan untuk menemukan cara efektif bagaimana menarik perhatian pendaftar sebagai taruna baru di Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta dimasa pandemi Covid-19. Subyek penelitian ini adalah Taruna baru semester satu jurusan Diploma 3 Manajemen Transportasi Laut, Diploma 3 Permesinan Kapal, Diploma 3 Studi Nautika dan S1 Transportasi dikarenakan taruna tersebut masih sangat baru masuk menjadi taruna di Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta. Obyek Penelitian ini adalah E-Marketing, Pemasaran Darurat, Pemasaran di era Pandemi Covid-19 di Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta. Dari sisi perguruan tinggi sekolah maritim yang ada di Yogyakarta ini menunjukkan keunikannya dimana Yogyakarta belum mempunyai pelabuhan komersial untuk kapal-kapal cargo namun mampu mencetak lulusan di bidang kepelabuhanan dan kemaritiman. Hasil penelitian ini adalah variabel-variabel E-Marketing dan Pemasaran Darurat berpengaruh secara simultan terhadap pemasaran yang dilakukan di era Pandemi Covid-19, dimana interaksi tatap muka dibatasi. Pengaruh variabel independen yaitu e-marketing dan pemasaran darurat terhadap variabel dependen pemasaran yang dilakukan di era Pandemi Covid-19 adalah 70%. Sedangkan 30% dipengaruhi oleh variabel lain selain E-Marketing dan Pemasaran Darurat. Ini artinya eletronik marketing sangat efektif untuk menarik minat pendaftar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

MIBJ

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Transportation

Description

Published twice (edition) in February and July. Contains articles of research, thought, or literature studies in maritime sciences, (shipping, marine, navigation, machinery, etc.), management and policy science, and transportation ...