DIMENSI
Vol 1, No 1 (2013)

Penerapan Metode Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe TGT ( Teams Game Tournament ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Mendiskripsikan Materi Pelajaran IPS

Aminah, Siti ( IKIP Veteran Semarang)



Article Info

Publish Date
03 May 2014

Abstract

Siswa kelas VII MTs mempunyai ciri atau sifat-sifat sebagai anak SD masih demikin kental. Proses adaptasi dari tingkat dasar ke MTs untuk sebagian besar siswa kelas VII menjadi hal yang paling sulit. Proses adaptasi dengan lingkungan, sosialisasi dengan teman-teman yang baru dan sistem pembelajaran yang jauh berbeda antara SD membuat sebagian besar siswa ”kaget”. Akibatnya nilai prestasi belajar yang dicapai siswa tidak seperti yang diharapkan. Kondisi Riil Di kelas VII selama ini siswanya masih kurang aktif dalam hal bertanya dan menjawab, siswa yang yang aktif hanya 55 %, dan siswa yang mempunyai kemampuan menjawab 40% sementara daya serap siswa kurang dari 50% atau tepatnya hanya 48% saja atau nilai rata-rata kelas kurang dari KKM. Pembelajaran menggunaan Metode Cooperatif Learning Tipe TGT (Team Game Tournament ) sangat penting, karena dapat memudahkan penyampaian materi yang sifatnya abstrak menjadi kongkret. Metode cooperative learning akan menghindari persepsi yang bermacam-macam antara siswa yang satu dan lainnya, sehingga terhindar dari verbalisme. Permasalahan Pengunaan Metode Coperatif Learning  berikut: 1) Metode apa sajakah yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa  dalam pengajaran IPS?, 2) Bagaimanakah cara menggunakan Metode cooperative learning tipe TGT untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menioskripsikan materi pelajaran IPS?, 3) Kendala-kendala apa sajakah yang dihadapi guru untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mendiskripsikan materi pelajarn IPS?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui macam-macam metode Pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mendiskripsikan materi pelajaran IPS  di kelas VII MTs Ishlahul Akhlaq Jati Plantungan Kendal Tahun Pelajaran 2010/2011, serta untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru menggunakan metode TGT (Team Game Tournament). Penelitian ini diharapkan bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang penggunaan metode cooperative Learning Tipe TGT ( Team Game Tournament ) pada pengajaran IPS di kelas VII. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif kualitatif, dengan populasi 40 siswa kelas VII  MTs Ishlahul Akhlaq Jati Plantungan Kendal. Variable pada penelitian ini Pengajran IPS meliputi: 1) Kondisi awal  siswa sebelum menggunakan metode cooperative tipe TGT (Team Game Tournament )di terapkan 2) Penerapan metode cooperative learning tipe TGT ( Team Game Tournament ) kepada siswa kelas VII MTs Ishlahul Akhlaq Jati Plantungan Kendal,Penerapan metode ini menjadi titik perhatian 3) Hasil pembelajaran yang diperoleh  setelah guru menerapkan metode pembelajaran cooperative learning  tipe TGT (Team Game Tournament). Rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal meningkat dari pra siklus ke siklus I, yaitu 55,625 menjadi 66,6. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat dari 66,6 menjadi 86,7. Hal ini membuktikan bahwa Penerapan Teams Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mendiskrisikan materi pelajaran IPS kelas VII Pada MTs Ishlahul Akhlaq  tahun ajaran 2010/2011 diterima oleh siswa dengan baik. Kata Kunci : Metode, Pembelajaran, Cooperatif Learning Tipe TGT Siswa Materi, Pelajaran, IPS

Copyrights © 2013