Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 3, No 2 (2021)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENGANALISIS CERITA FIKSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB DI KELAS IV-A SDN 4 BATALAIWORU

Rajabur Rahman (Universitas Halu Oleo)
Mansyur M (Universitas Halu Oleo)
La Rabani (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Tujuan penelitian adalah: 1) untuk meningkatkan aktivitas mengajar guru dengan model Round Club. 2) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model Round Club. 3) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan model Round Club di Kelas IV-A SDN 4 Batalaiworu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-A SDN 4 Batalaiworu Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru pada siklus I adalah 79,41% meningkat menjadi 94,16% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa pada siklus I 67,64% meningkat menjadi 94,16% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I secara klasikal mencapai 50% dengan nilai rata-rata 62,22. Pada siklus II secara klasikal mencapai 94% dengan rata-rata nilai 73,89.Kata Kunci: Round Club; Hasil Belajar; Menganalisis Cerita Fiksi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipsd

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar memuat artikel hasil penelitian pada bidang pendidikan dasar dengan fokus : Strategi, Pendekatan, Metode, Model, media, alat evaluasi serta Kebijakan-kebijakan dalam pembelajaran sekolah ...