Emanasi Jurnal Ilmu Keislaman dan Sosial
Vol 4 No 2 (2021): Jurnal Emanasi Volume 4 Edisi 2 Tahun 2021

PERAN IKATAN PELAJAR PUTERI NAHDHATUL ULAMA’ (IPPNU) DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI PEREMPUAN BERBASIS KEADILAN GENDER (Studi Kasus IPPNU Jakarta Pusat)

Endang Sri Rahayu (Unknown)
Muhammad Nabil (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2021

Abstract

Permasalahan sosial terkhusus pemberdayaan perempuan menjadi pusat perhatian. Bahkan perempuan dalam stigma atau paradigma masyarakat selalu di diskriminasikan dari segi sosial, ekonomi, maupun hukum. Menariknya masalah-masalah perempuan khususnya mengenai keadilan gender menjadi salah satu perbincangan kontroversial dikalangan cendikiawan barat. Permasalahan tentang keadilan mempunyai cakupan yang luas dalam kehidupan mulai dari bersifat etik, filosofis hingga sampai pada sosial. Penelitian ini berupaya menunjuukan adanya tawaran alternative jawaban atas permasalahan di atas dari salah satu sub organisasi keagamaan besar di Indonesia yaitu Ikatan Pelajar Puteri Nahdhatul Ulama’ (IPPNU) Jakarta Pusat yang mencanangkan beragam kegiatan dalam memberikan solusi dalam menghindari diskriminasi terhadap perempuan. Lembaga tersebut dalam hal ini mempunyai misi mencetak kader yang berkeadilan gender, melalui beberapa strategi yang ditawarkan kajian dan pelatihan-pelatihan. Salah satu pelatihan yang fokus pada Ikatan Pelajar Puteri Nahdhatul Ulama’ adalah untuk memberdayakan perempuan dalam bidang ekonomi yang mandiri seperti pelatihan wirausaha dan membuat UMKM Go Online.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

emanasi

Publisher

Subject

Religion

Description

Emanasi : Jurnal Ilmu Keislaman dan Sosial, merupakan jurnal yang dikelola oleh Asosiasi Dosen Peneliti Ilmu Keislaman dan Sosial (ADPIKS) , terbit dua kali dalam setahun, Oktober dan April. Jurnal Emanasi merupakan media diskusi ilmiah dalam ilmu keislaman dan ilmu ...