FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 5 No 1 (2022): FARABI

Analisis Tingkat Kognitif Soal Buku Mandiri Matematika SMP/MTS Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbitan Erlangga Materi Pythagoras

Bella Sinthya (Universitas Bengkulu)
Nurul Astuty Yensy (Universitas Bengkulu)
Hanifah Hanifah (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebaran tingkat kognitif yang terdapat pada soal pilihan ganda Materi Pythagoras dalam buku mandiri matematika terbitan Erlangga SMP kelas VIII materi Pythagoras berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Taksonomi Bloom revisi yang digunakan ialah pada dimensi proses kognitif yang terdiri dari: mengingat (C1), memahami (C2), mengaplikasikan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode Pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi. Sumber data penelitian pada penelitian ini adalah soal pilihan ganda materi Pythagoras pada buku mandiri matematika Kelas VIII. Soal-soal pilihan ganda yang dianalisis berjumlah 80 soal dengan tingkat kognitif memahami (C2) sebanyak 9 soal (11,25%), mengaplikasikan (C3) sebanyak 56 soal (70%), menganalisis (C4) sebanyak 15 soal (18,75%), serta tidak memuat tingkat kognitif mengingat (C1), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Soal pilihan ganda pada materi Pythagoras ini mendominasi kedalam tingkat kognitif mengaplikasikan (C3). Sehingga, didapat bahwa sebaran tingkat kognitif soal pilihan ganda dan soal esai materi Pythagoras belum proposional. Kata kunci: Soal, Pythagoras, Buku Mandiri Matematika, Tingkat Kognitif, Taksonomi Bloom

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JMPM

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Mathematics

Description

FARABI; Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (JMPM) menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian, artikel review, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan matematika dan terapan. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, mahasiswa, profesor, dan peneliti, yang akan ...