Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 3 No 2 (2021): Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi

Komunikasi Antarbudaya pada Mahasiswa Perguruan Tinggi X (Studi pada Mahasiswa Angkatan 2017)

Wono, Hilda (Unknown)
Bio Amos Mbaroputera, Ronald Samuel (Unknown)
Herdono, Ismojo (Unknown)
Safitri, Bela Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2021

Abstract

Komunikasi antarbudaya memiliki peran penting dalam proses adaptasi mahasiswa sehingga menciptakan suatu hubungan yang harmonis antara mahasiswa satu sama lain. Contohnya perilaku mahasiswa luar Pulau Jawa yang memiliki semangat untuk berinteraksi dengan mahasiswa yang berasal dari Pulau Jawa hanya karena ingin membangun relasi serta berusaha mendapatkan informasi atau pemahaman yang sesuai dengan budaya maupun bahasa yang ada di Pulau Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan komunikasi verbal dan hambatan-hambatan yang ditemui dalam komunikasi antarbudaya di kalangan mahasiswa Perguruan Tinggi X angkatan 2017. Penelitian ini dilakukan di Surabaya dengan mahasiswa yang memiliki latar belakang budaya yang berbeda. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara. Adapun informan adalah mahasiswa angkatan 2017 dari luar Pulau Jawa karena mahasiswa angkatan 2017 memiliki ragam asal yang berbeda paling banyak dibandingkan dengan angkatan lainnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adaptasi dapat lebih cepat terjadi dikarenakan terdapat persamaan peran atau status dalam proses perkuliahan yaitu sama-sama sebagai seorang mahasiswa serta dorongan dari berbagai pihak. Kata kunci: komunikasi antarbudaya, adaptasi, deskriptif

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

calathu

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi membuka peluang bagi para peneliti untuk menuliskan naskah hasil penelitian dalam lingkup ilmu komunikasi, topik tidak dibatasi dan beragam, mulai dari kajian media dan budaya, periklanan, penyiaran, jurnalisme, humas, komunikasi pemasaran terpadu, ekonomi politik ...