Paradigma: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Vol 8 No 1 (2022): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora

KAJIAN SEMIOTIK : MAKNA GERAK TARIAN CAKALELE BANDA NEIRA

ECA WONGSOPATTY (STKIP HATTA SJAHRIR)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2022

Abstract

Tarian Cakalele Banda Neira adalah ekspresi dari masyarakat Banda dalam meneruskan kebudayaan yang telah diwariskan oleh para leluhur. Tarian ini melambangkan semangat dalam peperangan dan hanya tampil dalam ritual adat yang sakral. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk penyajian tari Cakalele di Banda Neira serta memahami makna gerak dalam tarian Cakalele tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Analisis data yang digunakan adalah dengan cara mengklasifikasikan data, baik data yang di peroleh dari hasil obeservasi maupun dari hasil wawancara. Data yang telah dikumpul akan diolah dan dideskripsikan dalam bentuk uraian. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dan menginterpretasikannya mencakup (1) bentuk penyajian tarian Cakalele Banda Neira; (2) makna gerak tarian Cakalele Banda Neira. Temuan penelitian adalah bentuk penyajian tari Cakalele Kampung Baru (Kampung Fiat) di Banda Neira meliputi ragam gerak, pola lantai, iringan musik, penari, kostum atau busana, waktu dan tempat pertunjukan. Makna gerak tarian Cakalele Desa Kampung Baru (Kampung Fiat) di Banda Neira terdiri dari lima makna gerak yaitu gerak pertama (posisi penari duduk dan memberi hormat atau somba), gerak kedua (posisi penari perang atau tumbak), gerak ketiga (gerakan inti memutar seperti burung baikole), gerak keempat (gerakan maju dan perang), gerak kelima (bertukar posisi sambil memberi penghormatan). Penelitian ini dapat membantu pelestarian budaya Indonesia dan kesenian tradisional Banda Neira.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

paradigma

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal PARADIGMA mengedepankan telaah terpadu disiplin pendidikan, keguruan, dan ilmu-ilmu kemanusiaan secara luas. Publikasi tulisan dalam PARADIGMA ini dijalankan oleh para dosen dari tiga disiplin di STKIP Hatta-Sjahrir Banda Naira, yaitu Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Indonesia, dan ...