Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Menggunakan Hellison’s Model bertujuan untuk memberikan kebebasan pada Mahasiswa untuk bertanggung Jawab, Mandiri serta melakukan langkah-langkah kreatif, ilmiah dengan cara mengumpulkan data dari hasil pembelajaran, kemudian Mahasiswa dapat menafsirkan, menganalisis, dan akhirnya sampai pada suatu kesimpulan, sehingga diharapkan prestasi belajar Mahasiswa menjadi tumbuh dan meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (developmental research), dengan mengembangkan perangkat pembelajaran yang meliputi: Buku Ajar, RPS, Worksheet serta instrument kemampuan berpikir kreatif Mahasiswa yang mengacu pada model 4-D (Define, Design, Develop, dan Deisemination). Berdasarkan hasil analisis deskriptif, pengembangan Perangkat Pembelajaran Hellison’s Model pada Mata Kuliah Penanganan dan Perawatan Cedera ”Loi Ncara Ro Mpoka” untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa diketegorikan Layak atau “Sangat Baik”, karena keenam kriteria perangkat pembelajaran yang baik terpenuhi. Secara keseluruhan Perangkat Pembelajaran Penanganan dan perawatan cedera olahraga ini layak digunakan dalam penerapan Penanganan dan perawatan cedera olahraga untuk Mahasiswa setelah melalui 2 tahap uji coba. Penelitian pengembangan ini sudah tercapai untuk digunakan oleh Dosen dalam memperkenalkan Penanganan dan perawatan cedera olahraga kepada mahasiswa.
Copyrights © 2022