Jurnal Akrab (Aksara agar Berdaya)
Vol. 12 No. 2 (2021): JURNAL AKRAB

STUDI TENTANG TAMAN BACAAN MASYARAKAT RAMAH ANAK DI PKBM HARAPAN BARU KOTA TASIKMALAYA

Wiwin Herwina (Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2021

Abstract

Abstrak: Kemampuan membaca dan menulis menjadi suatu kecakapan hidup yang wajib dikuasai oleh manusia. Di tengah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, TBM hadir sebagai fasilitas pembelajaran di masyarakat. Ketersediaan TBM di tengah masyarakat diharapkan mampu mendorong kebiasaan membaca pada masyarakat yang pada akhirnya menjadi stimulus kebiasaan membaca di keluarga sehingga anak mengenal bacaan sejak dini. Tujuan penelitian ini mempelajari peran TBM Ramah Anak di PKBM Harapan Baru, Kota Tasikmalaya. Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) penciptaan lingkungan TBM Harapan Baru representatif serta ramah anak; 2) koleksi bacaan yang tersedia di TBM disesuaikan dengan kebutuhan orang tua dan anak; 3) gerakan literasi keluarga yang dilakukan TBM Harapan Baru ternyata mampu mendorong kebiasaan membaca di dalam keluarga sehingga literasi anak-anak dapat terjalin sejak dini; 4) penataan struktur organisasi yang ditata sedemikian rupa sehingga memudahkan pengelola dalam membagi tugasnya; 5) pendanaan untuk operasional masih mengandalkan dana swadaya dari masyarakat; 6) beragam kegiatan pendukung banyak dilakukan dalam rangka menstimulus minat masyarakat agar datang ke TBM; dan 7) kualifi kasi pengelola yang belum semua memadai tidak menghambat jalannya program yang dilaksanakan di TBM. Rekomendasi penelitian yakni: konsistensi sebagai gerakan literasi keluarga penting menjadi perhatian pihak pengelola TBM demi keberlanjutan program di lapangan, pengembangan program sebaiknya diarahkan pada peningkatan kualitas dari segi pengelolaan, khususnya terkait pengelolaan TBM ramah anak yang ideal karena ada bukti bahwa gerakan ini mendorong kebiasaan membaca anak sejak diniAbstract: The ability to read and write is a life skill that must be mastered by humans. In the middle of the current development of science and technology, TBM is present as a learning facility in the community. This availability encourages reading habits in the community, which in turn becomes a stimulus for reading habits in the family so that children get to know reading from an early age. The purpose of this research is to study child-friendly TBM in PKBM Harapan Baru, Tasikmalaya City. A qualitative approach with descriptive method is used in this study. Data collection techniques used observation, in-depth interviews, and documentation studies. The results showed that: 1) the creation of a representative and child-friendly TBM Harapan Baru environment; 2) the collection of readings available at TBM is adapted to the needs of parents and children; 3) the family literacy movement carried out by TBM Harapan Baru was able to encourage reading habits in the family so that children’s literacy can be established from an early age; 4) structuring the organizational structure in such a way as to make it easier for managers to divide their duties; 5) funding for operations still relies on self-help funds from the community; 6) many supporting activities are carried out in order to stimulate public interest in coming to TBM; 7) the qualifications of managers who are not all adequate do not hinder the running of the program implemented in TBM. Recommendations for this research: the consistency of the family literacy movement is important to the attention of TBM managers for the sustainability of the program in the fi eld, program development should be directed at improving the quality in terms of management, especially regarding the ideal child-friendly TBM management, because there is evidence that this movement encourages reading habits child from an early age.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnalakrab

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL AKRAB (Aksara agar Berdaya) adalah jurnal untuk mempublikasikan tulisan ilmiah populer, hasil penelitian/pengkajian, dan pengembangan model pembelajaran di bidang pendidikan nonformal, khususnya pendidikan keaksaraan dan pengembangan budaya baca masyarakat. Pengguna Jurnal adalah tenaga ...