SIMBIOSA
Vol 10, No 2 (2021): JURNAL SIMBIOSA

Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di SMA Negeri 1 Lebong Utara

Jefri Orcito (Pascasarjana Biologi Universitas Muhammadiyah Bengkulu)
Tomi Hidayat (Pascasarjana Biologi Universitas Muhammadiyah Bengkulu)
Merri Sri Hartati (Pascasarjana Biologi Universitas Muhammadiyah Bengkulu)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project based learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa di SMA Negeri 1 Lebong Utara. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X A, X B dan X C. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Dengan total sampling sebanyak 98 orang dari (3 kelas) yang terdiri dari kelas X A berjumlah 33 siswa dari kelompok experiment 1 (X1) yang diberikan model pembelajaran Project Based Learning dan X C berjumlah 34 siswa yang diberikan model konvensional dalam hal ini menggunakan metode ceramah. Desain yang di gunakan dalam penelitian ini adalah non eqivalent control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes essai untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif. Data dianalisis menggunakan uji Analisis of Varian (ANOVA) Satu Arah (One-way analysis of varian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa di SMA Negeri 1 Lebong Utara. Abstract This study aims to find out if there is an influence of Project based learning (PjBL) learning model on students' creative thinking skills at SMA Negeri 1 Lebong Utara. The population of this study is all students of gradeS X A, and X C. The techniques used in this study used random sampling as many as 67 people from (2 classes) consisting of class X A amounted to 33 students from experiment group 1 (X1) given project based learning model, and X C numbered 34 students given conventional model in this case using lecture method. The design used in this study is non eqivalent control group design. Data collection is done by using essay tests to measure creative thinking skills and critical thinking capabilities. The data was analyzed using a One-way analysis of variants (ANOVA). The results showed that: (1) There is an influence of project based learning learning model on students' creative thinking skills at SMA Negeri 1 Lebong Utara., (2) There is an influence of problem based learning learning model on students' critical thinking skills at SMA Negeri 1 Lebong Utara

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

simbiosajournal

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

ehadiran jurnal SIMBIOSA sangat diharapkan untuk meningkatkan publikasi ilmiah pada bidang pembelajaran Biologi dan Sains. Fokus dan cakupan SIMBIOSA secara deteil sebagai berikur: Pendidikan Biologi, mencakup : pembelajaran Biologi untuk sekolah menengah, dan perguruan tinggi; teknologi ...