TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar
Vol. 2 No. 1 (2021): TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar

KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUPOINT (EDUCATION POWERPOINT) MELALUI PENDEKATAN ETNOPEDAGOGIK UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH SISWA SEKOLAH DASAR

Pradina Fajar Riani (STKIP PGRI Trenggalek)
Ari Metalin Ika Puspita (STKIP PGRI Trenggalek)
Wahyu Nurmalasari (STKIP PGRI Trenggalek)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap ilmiah yang dimiliki oleh siswa sekolah dasar.Berdasarkan hasil observasi di MI Pakel dan SDN 2 Karangrrejo pada kelas V tanggal 10 dan 12 September 2020 ditemukan beberapa masalah yaitu: (1) siswa kurang semangat mengikuti proses pembelajaran, (2) cenderung pasif dan suka bermain sendiri tidak memperhatikan pembelajaran karena guru menerapkan metode kurang menarik, (3) guru melakukan pengelolaan pembelajaran  monoton karena metode yang diterapkan guru  hanya diskusi dan ceramah  membuat siswa merasa  bosan dalam mengikuti proses pembelajaran, dan (4) rendahnya sikap ilmiah siswa seperti kedisiplin,rasa  tanggung jawab yang dimilki, ke jujur, rasa keingin tahuan, dan berpikir kritis.  Dalam peneltian ini tujuan penelitian yang ingin dicapai  sebagai berikut: 1) untuk mengetahui tingkatan sikap ilmiah siswa sekolah dasar kelas V d MI Pakel dan SDN 2 Karangrejo. 2) untuk memvalidasi keefektifan media pembelajaran Edupoint (Education Powerpoint) melalui pendekatan etnopedagogik untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa sekolah dasar kelas V. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif yang bersifat bersifat eksperimen (kuasi eksperimen). Desain penelitian yang digunakandalam penelitian ini adalah one-group pretest-posttest design. Penelitian ini diperoleh peningkatan sikap ilmiah yaitu  rasa tanggung jawab (20,73%), berfikir kritis (14,64%),  berpikir terbuka (10,37%), skeptis (2,44%),  teliti (7,93%), respek terhadap data (24,39%) dan kerjasama (21,34%) Hasil tersebut menunjukkan terdapat pengaruh media edupoint (eduation powerpoint) terhadap sikap ilmiah siswa. penelitian ini  Ho ditolak yang berarti terdapat pengaruh media pembelajaran Edupoint (Education Powerpoint) terhadap sikap ilmiah siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tanggap

Publisher

Subject

Education

Description

TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar a national scientific journal is open to seeking innovation, creativity, and novelty. TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar is a peer-review journal published by the STKIP PGRI Trenggalek. The aim of the journal is to facilitate ...