jurnal dikdas bantara
Vol 5, No 1 (2022)

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN WAWASAN KEBANGSAAN DI SEKOLAH DASAR

Bq.Indana Zulfa (UNVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA)
Yayuk Hidayah (Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta)
Meiwatizal Trihastuti (STKIP Pasundan, Cimahi)
Ernawati Simatupang (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Pembelajaran wawasan kebangsaan merupakan upaya dalam memelihara jati diri bangsa. Wawasan kebangsaan menjadi bagian tidak terpisahkan dari upaya dalam memelihara eksistensi bangsa dengan berlandaskan nilai-nilai luhur. Pembelajaran wawasan kebangsaan di Sekolah Dasar  di maksudkan sebagai upaya pengenalan jati diri bangsa sejak usia dini. Fokus  masalah dalam penelitian adalah bagaimana implementasi pembelajaran wawasan kebangsaan di SDN 193 Caringin Kota Bandung. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekaan deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas VB, peserta didik kelas VB SDN 193 Caringin Kota Bandung. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi.  Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, pengajian data dan penarikan kesimpulan.  Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi pembelajaran wawasan kebangsaan di SDN 193 Caringin Kota Bandung adalah terintergarsi dalam mata pelajaran Tematik pada muatan PPKn dan pengkondisian iklim kelas.  Kendala dalam implementasi pembelajaran wawasan kebangsaan di SDN 193 Caringin Kota Bandung yaitu keterbatasan waktu  dan lingkungan tempat bergaul peserta didik yang dapat melunturkan penanaman konsep wawasan kebangsaan. Implikasi dari hasil riset ini untuk pengembangan IPTEK yaitu dapat menambah wawasan mengenai wawasan kebangsaan di Sekolah Dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dikdasbantara

Publisher

Subject

Other

Description

Terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus. Berisi artikel-artikel yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian di bidang kependidikan baik yang ditulis dalam bahasa ...