Jurnal Ilmiah Matematika Realistik
Vol 2, No 2 (2021): Jurnal Ilmiah Matematika Realistik

ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA SD DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING

Umi Habibah (PGSD Universitas Bengkulu)
Rani Santika (Universitas Bengkulu)
Panut Setiono (Universitas Bengkulu)
Nani Yuliantini (Universitas Bengkulu)
Wurjinem Wurjinem (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk menganalisa kesulitan belajar siswa SD dalam pembelajaran matematika secara berani. Kesulitan siswa belajar secara daring merupakan hal yang wajar terjadi di masa pandemi Covid-19 karena kurangnya pengetahuan akan teknologi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik data yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa masalah yang bermasalah di alam guru dalam pembelajaran daring berupa sulitnya menguasai teknologi ketika mengajar secara berani, seperti tidak terbiasa menggunakan Google Form karena guru hanya bisa menggunakan aplikasi WhatsApp ketika belajar berani. Selain itu ternyata banyak siswa-siswa SD yang belum mempunyai HP dan meskipun mempunyai HP mereka juga terbatasnya akses sinyal karena siswa kebanyak dari daerah pelosok sehingga terkendala oleh sinyal. Kuota Kemendikbud juga kadang-kadang bisa digunakan sehingga tidak ada siswa-siswi yang ketinggalan pelajaran. Antara guru dan siswa sangat kurang di masa pandemi seperti ini, tugas yang diberikan guru kepada siswa semakin banyak kadang membuat siswa jenuh tugas dan lebih utama banyak siswa yang tidak mengerti akan tugas yang diberikan oleh guru.Kata kunci: Matematika, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pendidikanmatematika

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

JI-MR: Jurnal Ilmiah Matematika Relistik is a scientific journal published by the Mathematics Education Study Program, Faculty of Arts and Education, Universitas Teknokrat Indonesia. Focus of this journal is to publication of research results, result of studies and development ideas in the field of ...