Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)
Vol. 5 No. 2 (2022): Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika)

ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Farhan Mustaf Azizi (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Aritsya Imswatama (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Hamidah Suryani Lukman (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar yang ditinjau dari gaya belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 4 siswa SMP kelas VIII dan teknik pengambilan subjek menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket, tes, dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa siswa dengan gaya belajar visual mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan operasi, siswa dengan gaya belajar auditori mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan prosedur, siswa dengan gaya belajar kinestik mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan siswa gaya belajar visual, auditori, kinestik (VAK) mengalami kesulitan dalam memahami konsep.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

peka

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika) (E-ISSN: 2598-6422) menerbitkan artikel kajian ilmiah atau hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Matematika. Adapun lingkup jurnal ini adalah : 1. Desain didaktis pembelajaran matematika 2. Media pembelajaran matematika 3. Kurikulum pendidikan matematika 4. ...