Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam
Vol 2 No 2 (2021): Desember

Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Sosiodrama dalam Mengurangi Kecanduan Gadget pada Siswa

Lina Ayu Ashari Harahap (Program Studi Bimbingan Konseling Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Sumatra Utara Indonesia)
Ika Sandra Dewi (Program Studi Bimbingan Konseling Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Sumatra Utara Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah dan bagaimana pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dalam mengurangi kecanduan gadget pada siswa di madrasah Aliyah Al-Wasliyah Tembung. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) melihat adakah pengaruh layanan bimbingan kelompok melalui teknik sosiodrama dalam menngurangi kecanduan gadget pada siswa di madrasah Aliyah Al-Wasliyah Tembung; (2) melihat bagaimana pengaruh layanan bimbingan kelompok melalui teknik sosiodrama dalam mengurangi kecanduan gadget pada siswa di madrasah Aliyah Al-Wasliyah Tembung.Penelitian ini akan melakukan pengambilan sekitar 10 (Sepuluh) anak yang memiliki kecanduan gadget yang tinggi kemudian diberikan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama. Pengambilan sampel penelitian berdasarkan siswa yang memiliki skor kecanduang Gadget yang paling tinggi. Pengumpulan data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa skala kecanduan gadget. Validitas instrument menggunakan rumus product moment dan reabilitas menggunakan rumus alfa cronbach. Analisis data menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian menunjukkan beberapa kesimpulan yakni: (1) Hasil data penelitian menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara bimbingan kelompok teknik sosiodrama dengan kecanduan gadget. t (hitung)= 19,561 kemudian dibandingkan dengan t (table)= 2,1009022; (2) Penurunan terlihat melalui hasil kegiatan dengan data pada Pre-Test ditemukan 3 orang masuk pada kategorisasi Sangat tinggi kecanduan Gadget dan 7 orang masuk pada kategorisasi Tinggi kecanduan Gadget. Sementara pada data Post-Test setelah melakukan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama ditemukan penurunan angka kecanduan dengan 2 orang masuk kategorisasi Sangat Rendah kecanduan Gadget, 7 orang masuk kategorisasi Rendah kecanduan Gadget dan 1 orang masuk kategorisasi Sedang kecanduan Gadget. Sosiodrama, Kecanduan, Gadget

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

syifaulqulub

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of counseling . Its scope counseling in education, Sections include research, assessment, supervision in counseling, Islamic Counseling, health counseling, sexual abuse, ...