Jurnal Sains Teknologi dalam Pemberdayaan Masyarakat
Vol. 1 No. 2 (2020): December 2020

Pemberdayaan Kebersihan Mandiri Anak Asuh Panti Asuhan Nurul Quran Batam Centre Melalui Sosialisasi dan Pelatihan Kebersihan Diri (Personal Hygiene)

Ade Irpan (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Sutiyono (Universitas Putera Batam)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2020

Abstract

Panti asuhan Nurul Quran berada didaerah Batam Centre, dalam kegiatan operasional nya sehari-hari dilakukan dengan swadaya mandiri dari pengelola panti asuhan sehingga hampir seluruh kegiatan yang di lakukan pada panti asuhan tersebut terkadang kurang maksimal. Hal ini dapat terlihat pada penyelenggaraan kegiatan kebersihan para penghuni yang berada di panti asuhan  tersebut. Kebersihan pada panti asuhan Nurul Quran masih jauh dari kategori layak dikarenakan lingkungan pada panti asuhan tersebut kurang bersih karena kurangnya kesadaran dari penguni panti asuhan untuk menjaga kebersihan panti asuhan. Faktor pengetahuan yang rendah dapat menambah buruknya penyebaran penyakit di dalam panti asuhan serta kurangnya pengetahuan tentang manfaat melakukan penerapan personal hygiene yang baik dan benar menyebabkan individu pada panti asuhan Nurul Quran Batam Centredalam melakukan kegiatan-kegiatan keseharian masih kurang sehat dan bersih serta merugikan diri dan orang lain yang berada di sekitarnya. Berlandaskan hal ini, solusi yang ditawarkan adalah dengan melakukan sosialisasi dan penerapan mengenai upaya peningkatan personal  hygiene ini agar tercipta tubuh yang sehat dan terbebas dari segala penyakit serta mendukung terwujudnyaindividu yang sehat sesuai dengan instruksi dari pemerintah Republik Indonesia.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JSTPM

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Other

Description

Jurnal Sains Teknologi dalam Pemberdayaan Masyarakat (JSTPM) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh Lembaga Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Publikasi (LPPMP) Universitas Bhayangkara Jakarta Raya dan diterbitkan oleh Fakultas Teknik Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Jurnal Sains ...