Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan Kontekstual dan media
Pembelajaran balon dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa kelas IV SD N 2
Barenglor Klaten Utara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas.Penelitian ini dilaksanakan
sebanyak II siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subyek penelitian adalah guru dan siswa. Analisis
data yang digunakan adalah analisis komparatif. Setiap pertemuan terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan,
tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil refleksi digunakan sebagai dasar untuk menyusun rencana tindakan
selanjutnya. Dengan pendekatan kontekstual dan media pembelajaran pembelajaran balonpermasalahan dalam
pembelajaran sedikit demi sedikit dapat di atasi. Kemampuan dan minat menulis siswa dapat meningkat.
Pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual menerapkan tujuh komponen yaitu kontruktivisme,
menemukan, bertanya, masyarakat belajar, menggunakan model, refleksi dan penilaian sebenarnya. Sedangkan
Pembelajaran balon adalah media pembelajaran yang berupa balon yang diisi dengan potongan-potongan
kertas untuk memberikan pertanyaan ataupun petunjuk tentang teks deskripsi.
Copyrights © 2014