MAGISTRA
Vol 26, No 88 (2014): Magistra Edisi Juni

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS IV SD N 2 BARENGLOR DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN MEDIA PEMBELAJARAN BALON

., Tini (Unknown)
Irawati, Iisrohli (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan Kontekstual dan media Pembelajaran balon dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa kelas IV SD N 2 Barenglor Klaten Utara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas.Penelitian ini dilaksanakan sebanyak II siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subyek penelitian adalah guru dan siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis komparatif. Setiap pertemuan terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil refleksi digunakan sebagai dasar untuk menyusun rencana tindakan selanjutnya. Dengan pendekatan kontekstual dan media pembelajaran pembelajaran balonpermasalahan dalam pembelajaran sedikit demi sedikit dapat di atasi. Kemampuan dan minat menulis siswa dapat meningkat. Pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual menerapkan tujuh komponen yaitu kontruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, menggunakan model, refleksi dan penilaian sebenarnya. Sedangkan Pembelajaran balon adalah media pembelajaran yang berupa balon yang diisi dengan potongan-potongan kertas untuk memberikan pertanyaan ataupun petunjuk tentang teks deskripsi.

Copyrights © 2014