Journal for Lesson and Learning Studies
Vol 5, No 1 (2022): April

Analisis Kualitas Lembar Kerja Praktikum (LKP) Materi Sistem Pencernaan Menggunakan Diagram Vee

Sari, Dwi Novita (Unknown)
Fuadiyah, Sa'diatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2022

Abstract

Lembar Kerja Praktikum (LKP) merupakan panduan yang diberikan guru kepada peserta didik yang berisi petunjuk atau langkah-langkah pada saat melakukan kegiatan praktikum. LKP sangat berpengaruh dalam proses pengalaman dan pemahaman peserta didik dari suatu percobaan. Oleh sebab itu, LKP yang digunakan peserta didik hendaknya dirancang dan disusun dengan baik agar dapat mengkonstruksi pengetahuan peserta didik. Namun kenyataannya, peserta didik masih mengalami kesulitan dalam melakukan kegiatan praktikum. Tujan penelitian ini adalah mengetahui kelengkapan dan kualitas LKP yang digunakan SMA Negeri di Kota Padang berdasarkan komponen diagram Vee. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dekskriptif analitik dengan sampel penelitian berjumlah 3 LKP materi sistem pencernaan yang diambil dari SMA Negeri di Kota Padang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu rubrik keberadaan komponen diagram Vee dan rubrik penilaian kualitas komponen diagram Vee yang diadaptasi dari Novak dan Gowin (2006). Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur LKP materi sistem pencernaan sudah tergolong sangat lengkap sesuai dengan komponen diagram Vee, tetapi untuk kualitas masing-masing komponennya menunjukkan skor yang berbeda-beda sehingga kualitas LKP materi sistem pencernaan berdasarkan komponen diagram Vee dikategorikan cukup. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JLLS

Publisher

Subject

Education Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes ...