ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika
Vol. 2 No. 2 (2021): ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika

Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Whatsapp Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa (Masa Pandemi Covid 19)

Nurfaizah (Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Sigit Raharjo (Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Hairul Saleh (Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2021

Abstract

Pandemi covid 19 yang terjadi di Indonesia ini menyebabkan pelaksanaan pembelajaran secara daring yang dilakukan oleh seluruh sekolah di Indonesia. Berbagai macam cara dilakukan agar sekolah tetap berjalan meskipun dilakukan secara daring. Banyak aplikasi yang digunakan untuk mendukung pembelajaran siswa, salah satunya WhatsApp. WhatsApp digunakan untuk memudahkan belajar siswa melalui fitur chat maupun videocall. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui keefektivan belajar siswa dalam pelajaran matematika dengan menggunakan WhatsApp. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif Dengan segala keterbatasan, peneliti melakukan pengumpulan data menggunakan kuesioner yang di bagikan pada google form. Subjek yang diambil yaitu siswa SMP dan SMA. Dilihat dari respon siswa, WhatsApp dirasa kurang efektif jika digunakan untuk pembelajaran daring matematika. Jika dilihat dari hasil belajar siswa, hasilnya pun cenderung menurun karena keterbatasan siswa dalam bertanya dan kurangnya penyampaian materi  yang disampaikan oleh guru.  

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

arm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika adalah jurnal dengan peninjauan sebaya dan diterbitkan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Matematika FakultasTarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember. Jurnal ini memuat manuskrip ilmiah pada kajian Matematika, baik kajian literatur maupun ...