Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika
Vol 7, No 1 (2022): Edisi Januari 2022

Pengembangan E-Modul Model CinQASE Berbantuan Flip pdf Professional Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Hukum Newton tentang Gravitasi Kelas X SMA

Hasniyar, Hasniyar (Unknown)
M, Hunaidah (Unknown)
Tahang, La (Unknown)
Galib, La Maronta (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan e-modul model CinQASE berbantuan flip pdf professional untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X SMA, (2) mendeskripsikan tingkat kevalidan e-modul  yang telah dikembangkan, (3) mendeskripsikan tingkat kepraktisan e-modul yang telah dikembangkan, dan (4) mendeskripsikan tingkat keefektifan e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini di latar belakangi oleh tuntutan pelayanan guru yang harus kompeten dan inovatif dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi yang dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan model 4-D (define, design, develop, dan disseminate). Instrumen penelitian di antaranya: soal pretest-posttest, lembar validasi, angket respon guru, dan angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diketahui; (1) e-modul model CinQASE berbantuan flip pdf professional dinyatakan valid baik dari segi konstruk maupun segi isi dengan nilai validitas sebesar 0,87 dengan kategori sangat valid, (2) e-modul model CinQASE berbantuan flip pdf professional materi hukum newton tentang gravitasi dinyatakan efektif berdasarkan hasil pretest dan posttest dengan nilai n-gain sebesar 0,55 berkategori sedang, (3) e-modul model CinQASE berbantuan flip pdf professional materi hukum newton tentang gravitasi dinyatakan praktis berdasarkan hasil tanggapan peserta didik dengan skor sebesar 90,98% dengan kategori sangat baik serta hasil tanggapan guru dengan rata-rata perolehan skor 4,63 sehingga dikategorikan sangat baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPFI

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika is a Scientific Journal published by the Jurusan Pendidikan Fisika of the Teaching and Education Faculty of Halu Oleo University with a period of 4 (four) times a year, namely the January, April, July and November periods. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika ...