Penelitian ini bertujuan melihat dampak implikasi kebijakan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM) dalam kegiatan mahasiswa Program Studi Manajemen. Teori komunikasi dengan Attention, Interest, Desire, dan Action atau yang dikenal dengan AIDA Model akan menjadi jangkar dalam penelitian ini agar pembahasan menjadi lebih terarah. Data juga diperoleh dari hasil Focus Group Discussion (FGD) antara narasumber MBKM dengan para dosen tetap Program Studi Manajemen. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dengan melihat persentase jawaban mayoritas mahasiswa terkait kebijakan MBKM ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 47 persen mahasiswa mengetahui sedikit tentang MBKM, informasi diperoleh dari kanal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kesimpulan mahasiswa tertarik dengan program MBKM dari Direktorat Pendidikan Tinggi tetapi masih minim pengetahuan sehingga perlu dilakukan perbaikan cara komunikasi dan penyebaran informasi di Universitas Sahid dan Program Studi Manajemen yang bisa menjangkau mahasiswa baik secara personal maupun non personal.
Copyrights © 2021