cover
Contact Name
EKAYANA SANGKASARI PARANITA
Contact Email
ekayana_sparanita@usahid.ac.id
Phone
+6281325885785
Journal Mail Official
journalusahid.mae@gmail.com
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. Supomo, SH, No. 84, Tebet, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12870
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Management and Accounting Expose
ISSN : -     EISSN : 26209314     DOI : https://doi.org/10.36441/mae.v3i1
Core Subject : Economy,
Management and Accounting Expose is an electronic national journal focuses on study of management and accounting. Topics published in this journal may pay attention, but are not limited to: Management, including marketing management, human resource management, financial management, and strategic management. Acounting, including accounting management, behaviour accounting, auditing, public sector accounting, tax, banking, and investment.
Articles 123 Documents
Hubungan e-Word of Mouth dan Citra Merk dengan Minat Membeli pada Perbankan Syariah di Indonesia Kadarisman, Haris; Ariyani, Nafiah
Management & Accounting Expose Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/mae.v1i2.84

Abstract

Era digital menawarkan banyak peluang sekaligus ancaman, oleh karenanya setiap organisasi harus menganalisanya dengan cermat untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan e-word of mouth dan citra merek terhadap minat membeli pada industri perbankan syariah di Indonesia, yang belum banyak mengadopsi kemajuan teknologi digital dalam operasinya. Populasi pada penelitian ini adalah pemilik rekening bank konvensional. Metode sampling yang digunakan adalah non probabilistik dengan teknik convenience. Teknik pengambilan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner langsung dan melalui email dengan jawaban menggunakan Skala Likert. Metode analisis data menggunakan SEM (Structural Equation Modelling). Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel e-word of mouth berpengaruh terhadap citra merek dan minat membeli, demikian pula citra merek berpengaruh terhadap minat membeli. E-word of mouth berpengaruh paling besar terhadap minat membeli daripada citra merek.
Komparasi Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Kerja Suhartini, Eka; Aprisal, Aprisal; Rahman, Muhammad Akil
Management & Accounting Expose Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/mae.v2i2.101

Abstract

Perusahaan transportasi berbasis aplikasi online Gojek dan Grab memiliki perbedaan mendasar pada perlakuan terhadap mitra pengemudi, walaupun memiliki penawaran produk/jasa identik. Penelitian ini menganalisis komparasi pengaruh reward dan punishment terhadap motivasi kerja para pengemudi, berdasarkan keunikan insentif masing-masing perusahaan. Secara kuantitatif, dilakukan survei menggunakan kuesioner pada pengemudi Gojek dan Grab di Kota Makasar. Teknik analisis menggunakan regresi linier berganda dan uji beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian reward dan punishment berpengaruh signifikan secara simultan terhadap motivasi kerja driver transportasi berbasis aplikasi online. Secara komparatif, terdapat perbedaan pada dua perusahaan tersebut, di mana perusahaan Gojek memiliki sistem reward dan punishment yang lebih baik dalam mendorong motivasi pengemudi.
Metode Balance Score Card dalam Peningkatan Efektivitas dan Efisiensi untuk Menghadapi Persaingan Bisnis Saprianto, Reko; Lukito, Jefri; Purwanti, Titik; Wulandari, Endang
Management & Accounting Expose Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/mae.v1i1.79

Abstract

Balance score card yang diperkenalkan Norton dan Kaplan pada tahun 1992 membawa angin segar ke perusahaan atau organisasi bisnis untuk diterapkan untuk mencapai hasil yang diinginkan dan diharapkan dalam pencapaian tujuan, target, dan kinerja. Penerapan balance score card akan mengarah pada efisiensi dan efektifitas pencapaian visi dan strategi sehingga kepekaan bisnis terhadap lingkungan dapat tercapai. Dengan demikian kualitas, layanan, kreativitas, inovasi dan keunggulan kompetitif dapat tercipta. Oleh karena itu, balance score card harus diterapkan secara konsisten, focus, dan meningkat berkelanjutan.
Kesenjangan Expected Service dan Perceived Service dalam Service Quality di Stasiun Commuter Line Jakarta Nisrin, Mesel Ghea Hilyati; Djamhur, Ina Gandawati
Management & Accounting Expose Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/mae.v2i1.96

Abstract

Terdapat permasalahan ketidaksesuaian harapan dan persepsi penumpang terhadap pelayanan petugas tiket PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) pada Commuter Vending Machine (CVIM) khususnya di wilayah Jakarta. Penumpang mempersepsikan petugas tiket belum memberikan pelayanan yang baik seperti yang tertera dalam nilai budaya pelayanan prima. Penelitian ini bertujuan menganalisis harapan dan persepsi penumpang terhadap pelayanan petugas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, menggunakan pendekatan komparatif antara harapan dan persepsi. Hasil penelitian menunjukkan nilai harapan lebih besar daripada nilai persepsi. KCI perlu melakukan evaluasi secara berkala terhadap pelayanan petugas tiket terutama di stasiun Jakarta Kota yang memiliki nilai ketidaksesuaian cukup tinggi. Petugas tiket harus meningkatkan kemampuannya, baik dalam berkomunikasi maupun penyampaian pelayanan kepada penumpang.
Konvergensi Bank BUKU 3 dan BUKU 4 Gap Performa pada Bank BUKU 4 Cakranegara, Pandu Adi
Management & Accounting Expose Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/mae.v3i1.137

Abstract

Bank Indonesia membagi bank menjadi empat strata berdasarkan jumlah asetnya utuk mendorong efisiensi bank di setiap strata. Sejak regulasi dirilis pada tahun 1998, bank BUKU 4 atau bank dengan aset terbesar terdiri dari empat bank yang menguasai lebih dari lima puluh persen pangsa pasar di Indonesia. Namun sejak tahun 2017 terdapat tiga bank BUKU 3 yaitu Bank CIMB Niaga, Bank Panin dan Bank Danamon bergabung dengan strata tertinggi ini. Penelitian ini menganalisis kinerja konvergensi bank BUKU 3 yang bergabung ke bank BUKU 4 serta bank BUKU 4 yang sudah mantap. Penelitian ini menggunakan metode analisis laporan keuangan, analisis tren dan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kinerja ketiga bank BUKU 3 yang akhirnya melebur menjadi bank BUKU 4. Perbedaan ini tercermin dalam empat indikator utama, yaitu Capital, Assets Quality, Profitability, dan Liquidity. Penelitian ini menyimpulkan bahwa konvergensi terjadi namun dalam konteks terbatas dan bank BUKU 3 yang masuk dalam kategori BUKU 4 belum benar-benar mampu menandingi performa bank BUKU 4 yang sudah mantap.
Analisis Keputusan Sumber Dana Pengembangan Usaha untuk Meningkatkan Nilai Perusahaan Kasman, Kasman
Management & Accounting Expose Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/mae.v1i2.91

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis keputusan perusahaan dalam melakukan pengembangan usaha dengan menggunakan sumber dana Modal Sendiri untuk meningkatkan nilai perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis perbandingan sumber dana Modal Sendiri atau Utang Jangka Panjang, Degree of Financial Leverage (DFL), Degree of Total Leverage (DTL), dan Degree of Operating Leverage (DOL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat perusahaan melakukan pengembangan usaha menggunakan dana dari modal sendiri (saham) 100 persen maka EPSnya lebih rendah daripada pada saat menggunakan utang jangka panjang (obligasi) 100 persen. Hal ini menunjukkan bahwa pemilihan dana untuk pengembangan usaha perusahaan pada tahun terakhir yang menggunakan modal sendiri (saham) 100 pesen pada tidak tepat karena menghasilkan EPS rendah. Semakin tinggi EPS akan menyebabkan naiknya harga saham, hal ini akan meningkatkan nilai perusahaan. DFL dan DTL juga lebih tinggi jika menggunakan dana pengembangan usaha yang bersumber dari utang jangka panjang 100 persen, dibandingkan dengan menggunakan modal sendiri seluruhnya.
Pengaruh Thin Capitalization dan Konservatisme Akuntansi terhadap Tax Avoidance dengan Kepemilikan Institusional sebagai Variabel Moderasi Jumailah, Vinka
Management & Accounting Expose Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/mae.v3i1.132

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji hubungan antara thin capitalization dan konservatisme akuntansi terhadap tax avoidance dengan kepemilikan institusional sebagai variable pemoderasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Teknik pengujian data dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa thin capitalization berpengaruh positif terhadap tax avoidance, konservatisme tidak berpengaruh terhadap tax avoidance, kepemilikan institusional dapat memperlemah pengaruh thin capitalization terhadap tax avoidance, dan kepemilikan institusional tidak dapat memoderasi pengaruh konservatisme akuntansi terhadap tax avoidance.
Kajian Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laba Bank Perkreditan Rakyat Syariah Di DKI Jakarta Anggraini, Dewi; Jamain, Tries Handriman
Management & Accounting Expose Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/mae.v1i2.85

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi laba Bank Pembiayaan Rakyat Syariah di DKI Jakarta. Dalam penelitian ini digunakan data sekunder berupa laporan keuangan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah tahun 2011- 2015. Variabel dependen adalah aspek profitabilitas yang diukur dengan ROA (Return On Assets), sedangkan variabel independen terdiri dari rasio permodalan yang diukur dengan rasio CAR (Capital Adequacy Ratio), rasio kualitas aset produktif yang diukur dengan rasio NPF (Non Performing Financing), rasio efisiensi yang diukur dengan rasio BOPO (Biaya Operasional Pendapatan Operasional), dan rasio likuiditas yang diukur dengan rasio FDR (Financing to Deposit Ratio). Hasil penelitian menunjukkan secara parsial variabel CAR dan FDR tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA, namun variabel NPF dan BOPO secara parsial berpengaruh signifikan terhadap ROA. Adapun secara simultan variabel CAR, NPF, BOPO dan FDR berpengaruh signifikan terhadap ROA.
Dampak Locus Of Control, Sikap Keuangan, Pendapatan, dan Religiusitas terhadap Perilaku Keuangan Ahmad, Atika
Management & Accounting Expose Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/mae.v2i2.102

Abstract

Anggota organisasi kemasyarakatan berbasis agama memiliki pandangan yang khas mengenai faktor spiritual yang berdampak pada perilaku kesehariannya. Penelitian ini bertujuan menganalisis perilaku keuangan anggota organisasi Muhammadiyah, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan ditinjau berdasarkan prediktor locus of control, sikap keuangan, pendapatan dan religiusitas. Teknik analisis menggunakan regresi linier berganda, dengan sampel jenuh. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa variabel locus of control, sikap keuangan, pendapatan dan religiusitas baik secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan anggota Muhammadiyah. Variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi perilaku keuangan adalah pendapatan.
Analisis Determinan Minat Mahasiswa Berkarir Menjadi Akuntan Publik Jamain, Tries Handriman
Management & Accounting Expose Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/mae.v1i1.80

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi dalam pemilihan karir sebagai akuntan publik. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat pemilihan karir sebagai akuntan publik diukur dengan variabel nilai intrinsik pekerjaan, penghasilan, pertimbangan pasar kerja, dan lingkungan kerja. Sampel sejumlah 200 responden mahasiswa Fakultas Ekonomi di tiga Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji hipotesis secara parsial menyatakan bahwa variabel nilai intrinsik dan pertimbangan pasar kerja berpengaruh signifikan terhadap minat pemilihan karir sebagai akuntan publik, sedangkan variabel penghasilan dan lingkungan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap minat pemilihan karir sebagai akuntan publik. Adapun secara simultan, variabel nilai intrinsik pekerjaan, penghasilan, pertimbangan pasar kerja, dan lingkungan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap minat pemilihan karir sebagai akuntan publik.

Page 1 of 13 | Total Record : 123