JPMS (Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains)
Vol 9, No 2 (2021): December 2021

Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP

Neng Siti Ratna Gumilang (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Wahidin Wahidin (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Ayu Tsurayya (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur dan menganalisis kualitas pengembangan instrumen tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan desain development research tipe formative research Tessmer. Pada penelitian ini, dilakukan analisis dengan teori respon butir soal. Hasil analisis terhadap instrumen kemampuan berpikir kritis dan kreatif yaitu valid karena fit. Reliabilitas instrumen berada pada kategori bagus sekali dengan nilai Alpha Crombach sebesar 0,87 untuk instrumen kemampuan berpikir kritis dan 0,95 untuk instrumen kemampuan berpikir kreatif. Tingkat kesukaran instrumen kemampuan berpikir kritis berada pada kategori tinggi dan sedang. Tingkat kesukaran instrumen kemampuan berpikir kreatif berada pada kategori tinggi, sedang, dan rendah. Analisis bias soal pada instrumen berpikir kritis dan kreatif mengandung bias jika nilai probabilitas kurang dari 5%. Pada instrumen berpikir kritis semua butir soal tidak mengandung bias karena nilai probabilitas melebihi 5%. Pada instrumen kemampuan berpikir kreatif ada dua soal yang mengandung bias yaitu butir 5 dengan nilai probabilitas 0,0176 dan butir 4 dengan nilai probabilitas 0,0049.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpms

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas MIPA UNY, yang berisi tentang artikel hasil kajian dan penelitian di bidang Matematika dan ...